• CARA UPDATE BIODATA MAHASISWA DAN ORANG TUA SISTEM INFORMASI AKADEMIK ( SIA PNL )


      1.Syarat yang pertama adalah mahasiswa aktif Politeknik Negeri Lhokseumawe.
    -          Sistem Informasi Akademik
    Suatu sistem Informasi Akademik yang dibangun untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik kampus secara online, seperti proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), pembuatan kurrikulum, pembuatan jadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), pengisian nilai, pengelolaan data dosen & mahasiswa. Sistem ini juga dapat berfungsi sebagai pendukung untuk analisis data dalam menentukan keputusan Kampus. 

    -          Integrasi Data

    SIA Online mengelola seluruh data secara terintegrasi sehingga data akan selalu uptodate / realtime dan selalu siap untuk digunakan, serta mengurangi kemungkinan duplikasi data karena SIA Online menggunakan sistem basis data terpusat. 

    -          Pusat Informasi

    Dengan respon email otomatis, PMB online, penjadwalan kelas, KRS online, dan penilaian secara online / realtime maka semua berita atau pengumuman SIA Online akan menjadi pusat informasi yang senantiasa menjadi kebutuhan bagi seluruh civitas kampus. 

    -          Rekam Kegiatan Kampus

    SIA Online memberikan kemudahan kepada para pengguna untuk senantiasa dapat memantau perkembangan setiap kegiatan yang ada didalam kampus, mulai dari proses penerimaan mahasiswa baru (PMB), KRS, Proses perkuliahan dan penilaian, sehingga setiap prosesnya dapat dilakukan secara efektif dan efisien. 

    -          Media Komunitas Pengguna

    Dengan email terpadu. fitur chating, forum dll, SIA Online memberikan fasilitas media komunikasi kepada seluruh pengguna, diantaranya mahasiswa, dosen, staff akademik, staff pmb, staff keuangan, atau bahkan admin sistem dan pimpinan untuk senantiasa saling berkomunikasi.


    2. Login ke SIA Politeknik Negeri Lhokseumawe dengan cara klik www.sia.pnl.ac.id
    iecloppnl.blogspot.com

    3. Pada kolom User Name isi dengan “ NIM ” Mahasiswa yang bersangkutan, Misal : 14903430xx Pada kolom Pasword isi dengan password Default yaitu “ test ” kemudian klik “ Log in

    4. JIka log in sudah berhasil maka langkah selanjutnya pada bagian samping kiri, Untuk mengUpdate Biodata klik “ Data Mahasiswa

    5 Klik “ Data Diri

    6.Scrool kebawah klik tombol “ Edit ” kemudian isi semua kolom [ Nama ],  [ Jenis Kelamin ], [ Agama,  ] [ Golongan Darah ], [ Kab / Kota Lahir ], [ Tanggal Lahir ], [ Alamat (sekarang ) ], [ Kode Pos ( sekarang ) ], [ Telp Rumah ( Jika Ada ) ], [ No Hp. ] Jika semua kolom sudah terisi dengan benar klik tombol “ Simpan

    7. Jika Data Diri sudah selesai maka lanjut ke Data Keluarga dengan cara klik “ Data Keluarga ” yang ada pada kolom sebelah kiri. Scrool kebawah klik tombol “ Edit ” kemudian isi semua kolom : [ Nama Ayah/Wali * ], [ Pekerjaan Ayah/Wali * ], [ Bekerja Sebagai * ], [ Nama Ibu * ], [ Pekerjaan Ibu * ], [ Bekerja Sebagai * ], [ Jumlah Tanggungan * ], [ No HP * ], [ Status Orang Tua * ] [ - Ayah ], [ - Ibu ], [ Pendidikan Orang Tua * ] [ - Ayah ], [ - Ibu ], [ Orang Tua Kandung * ] [ - Ayah ], [ - Ibu ] ( Masih Hidup atau Sudah Wafat ). Jika semua Data keluarga sudah terisi dengan benar pada bagian bawah klik tombol Simpan

    8. Jika Data Keluarga sudah tersimpan dan Sukses maka langkah selanjutnya  adalah mengganti Password, dengan cara klik “ My Account ” yang ada di Sebelah kiri dan klik pada “ Ubah Password ”.

    9. Pada Halaman ubah password
    - Pada kolom “ Login ”  [ user Name ] isi dengan “ NIM “ mahasiswa yang bersangkutan [ Harus sama dengan NIM saat Log In pertama, Misal : 14903430xx ].
    - Pada kolom ” Password ”  isi dengan “ test [ Harus sama dengan password saat Log In pertama yaitu password default “ test ”.

    10.   Pada kolom “ Masukan Password Baru ” pada bagian :
    -  [ Password ] isi dengan Password baru yang akan diganti dengan password Default “ test ” misalkan diganti dengan “ 123456
    -  Pada bagian [ Re-type Password ] diisi dengan Password baru yang akan diganti yaitu “ 123456 [Harus sama dengan password baru yang diganti tadi yaitu “ 123456 ” ]

    11.Untuk langkah terakhir klik “ Simpan ” yang ada dikolom bawah.
    12.Jika proses ubah password sudah selesai dan sukses maka klik “ Log Out ” yang ada disebelah kiri dan Udate Biodata sudah selesai.

    13.   Jika ingin login dilain waktu maka User Name diisi dengan “ NIM ” mahasiswa yang bersangkutan, missal “ 14903430xx ” dan untuk Passwordnya disi dengan password yang baru atau yang sudah diganti tadi, Misal “ 123456 ” klik “ Log In ” Jika lupa Password silahkan lapor pada UPT KOMPUTER Politeknik Negeri Lhokseumawe.

    **NOTE
    - Disaat Log In perhatikan password yang anda masukkan jika password yang anda ganti gabungan Kata dan Angka atau Kata saja maka perhatikan apakah Caps Lock nya aktif atau tidak karna jika tidak Log In akan Error atau Password Salah maka dari itu harus hati-hati saat mengganti password yang baru.
    - Batas terakhir Update Biodata tanggal 05 Oktober 2015

    Selesai dan semoga bermanfaat untuk teman – teman semua.

    Download langkah - langkahnya disini [ DOWNLOAD PDF ] 
    ©2015 – Division Of Information and Communication

  • VIEW MORE INFORMATION

    ADDRESS

    Lobby building 1st Floor
    State Polytechnic of Lhokseumawe

    TELEPHONE

    0821 6763 2107
    0823 5916 8154