• PERBEDAAN IN, ON DAN AT DALAM PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS




    Perbedaan In, On dan At

    Ketiga preposisi tersebut terbagi menjadi 2 hal penting, yakni perbedaan waktu dan lokasi. Yuk kita simak langsung pebedaannya.

    1. Waktu
    Pembahasan pertama pada peletakan perbedaan waktu.
    Perhatikan tiga contoh kalimat dibawah ini :
    – Habibi was born in 1945.
    – Habibi was born on September 17th.
    – Habibi was born at 10:17 PM.
    Coba perhatikan lagi perbedaaan diantara ketika contoh diatas. Penggunaan ketika preposisi sudah sangat terlihat jelas. Lalu, kenapa ketiga penggunaan preposisi tersebut berbeda? Kenapa kita tidak bisa menggunakan Habibi was born at 1945? Yuk kita simak pembahasannya.

    In
    Nah, pada contoh pertama, kita menjelaskan tentang tahun. Maka penggunaan In lebih tepat dibandingkan on atau at. Kata depan in juga biasa digunakan ketika kita berbicara terkait abad, bulan (bulan saja, bukan tanggal), pagi, siang, sore, dan malam. Kenapa demikian? Penggunaan in lebih menjelaskan waktu secara general atau umum.

    On
    Selanjutnya adalah On. Pada preposisi On ini, penggunaannya lebih spesifik dibandingkan In. Dalam konteks waktu, dapat kita lihat pada contoh yang ada diatas, yakni lebih spesifik pada penggunaan tanggal. Logikanya, tanggal lebih umum dibandingkan abad, tahun, dan bulan. Selain itu, On juga digunakan pada penggunaan hari-hari, seperti On Sunday, On Monday, On Saturday, dan selanjutnya.

    At
    Terakhir, yaitu At. Pada penggunaan At, lebih spesifik lagi dibandingkan In dan On. Penggunaannya lebih spefisik dibandingkan In, yakni lebih spesifik dari bulan. Dan lebih spesifik dibandingkan penggunaan On, yakni tanggal. Seperti pada contoh diatas, penggunaan At lebih pada penggunaan Jam.
    Misalnya seperti waktu dari sesuatu yang terjadi. Logikanya waktu kejadian itu lebih spesifik dibandingkan dengan tanggal atau tahun dari suatu kejadian.

    2. Place atau lokasi
    Penggunaan Kedua adalah digunakan untuk menunjukkan Lokasi.
    Perhatikan 3 contoh kalimat dibawah ini
    – Sekar lives in Tangerang.
    – Sekar lives on Ketawang Gede Street.
    – Sekar lives at 18th Ketawang Gede Street.
    Ok, sepertinya tanpa kita bahas perbedaaan ketiganya, teman-teman semua sudah bisa memahami perbedaannya. Sudah bisa diambil dari perbedaan penggunaan waktu. Untuk lebih jelasnya, kita bahas sekali lagi perbedaan In, On dan At, tapi dalam segi lokasi.

    In
    Sama seperti waktu, dalam konteks lokasipun, In memiliki konteks yang lebih luas dan umum. Seperti pada contoh diatas, menjelaskan dimana Sekar tinggal tanpa ada rincian rumah, dan alamat lengkapnya. Biasanya In digunakan untuk menunjukkan Benua, negara, provinsi dan kota secara umum.

    On
    Sementara pada penggunaan On, digunakan untuk hal lebih terperinci dibandingkan In. Ruang lingkupnya lebih kecil daripada kota. On sudah lebih menunjukkan pada jalan dimana Sekar tinggal. On juga digunakan untuk menunjukkan letak Sungai, Pulai, Pantai, Jalan, dan sebagainya.

    At
    Nah, terakhir pada penggunaan At. Pada preposisi at, kita mendapatkan alamat sekar dengan nomor rumahnya. Hal ini lebih spesifik dibandingkan preposisi In dan On.

    Perhatikan contoh lain penggunaan preposisi In, On dan At pada kalimat dibawah ini:
    – Umar was in Musholla.
    – Umar was on Musholla.
    – Umar was at Musholla.

    Coba perhatikan ketiga kalimat diatas, semuanya hampir sama kan penggunaannya? Namun ketiganya memiliki arti yang berbeda. Dimanakah perbedaannya? Yuk kita rinci satu persatu.

    In
    Nah, jika kalian menggunakan kata in, maka anggapannya adalah Umar sedang berada di dalam Musholla.

    On
    Sementara jika menggunakan On, maka maknanya adalah Umar berada diatas Musholla. Bisa jadi Umar sedang membenahi genteng atau memasang speaker Musholla.

    At
    Nah, jika kamu menggunakan At, maka yang terjadi maknanya adalah Umar sedang berada di depan Musholla. Kata At digunakan sebagai acuan dimana posisi Umar detik ini.

    Nah kawan-kawan icampusindonesia.com, itu tadi pembahasan tentang perbedaan In, On, dan At. Semoga dapat membantu teman-teman dalam memahami perbedaan ketiganya.


    Sumber : www.icampusindonesia.com



  • VIEW MORE INFORMATION

    ADDRESS

    Lobby building 1st Floor
    State Polytechnic of Lhokseumawe

    TELEPHONE

    0821 6763 2107
    0823 5916 8154